Selasa, 03 Mei 2011

DASAR - DASAR PEMROGRAMAN

Struktur Dokumen


    Syarat  perlu  mempelajari  suatu  bahasa pemrograman adalah 
    mengetahui Strukturnya. Program/dokumen HTML terdiri dari Kepala  
    Program/Dokumen  dan  Badan  Program/Dokumen dengan bentuk sbb :


<html>
    <head>
           ......... Kepala Program
       </head>
    <body>
           ............. Badan Program
    </body>
 </html>
Dokumen HTML adalah suatu dokumen yang diapit dengan tag <HTML>
    Kepala program diapit dengan tag <Head> dan untuk badan program
    diapit dengan tag <Body>.

    Berikut akan diberikan contoh program HTML yang sederhana :

<html>
   <head>
       <title>
         Homepage Pribadi
       </title>
   </head>
   <body>
     <center>
      <h1>Homepage-Ku</h1> 
      Inilah <b>Homepage </b> Pribadi-Ku <i>Yang Pertama</i>
      </center>   
   </body>
   </html>
  
Tampilan program :

Homepage-Ku

Inilah Homepage Pribadi-Ku Yang Pertama
Ket : - h1  tulisan Header 
            dapat pula dicoba (h2...h6)
      - b   tulisan tebal
      - i   tulisan italic
      - u   tulisan bergaris bawah
 
 
 
 
Struktur Keputusan

Struktur keputusan adalah struktur program yang melakukan proses pengujian untuk mengambil suatu keputusan apakah suatu baris atau blok instruksi akan diproses atau tidak. Pengujian kondisi ini dilakukan untuk memilih salah satu dari beberapa alternatif yang tersedia.
Syarat dalam dunia pemrograman adalah sebuah pernyataan Boolean,yang dapat bernilai benar (true) arau salah (false). Biasanya sebuah syarat terdiri dari operand-operand yang dihubungkan dengan operator logika. Yaitu: =, <>, >, <, >=, <=, and (dan) dan or (atau).

I. Hubungan Antar Kondisi
1. Hubungan DAN
    Merupakan hubungan antar kondisi yang mensyaratkan kedua kondisi terpenuhi.
    Contoh:
    Untuk menentukan penerimaan calon pegawai ditentukan criteria sebagai:
    - umur dibawah 30 tahun, dan
    - nilai test lebih besar dari 60
Untuk pegawai yang telah menikah mendapat tunjangan isteri. Besarnya tunjangan isteri ditentukan berdasarkan masa kerja. Untuk masa kerja kurang dari tiga tahun mendapat tunjangan sebesar 3% dari gaji pokok, sedangkan masa kerja sama dengan atau lebih besar tiga tahun mendapat tunjangan sebesar 6% dari gaji pokok.

2. Hubungan ATAU
    Merupakan hubungan antar kondisi yang mensyaratkan hanya salah satu kondisi yang terpenuhi.
Contoh:
Tunjungan pensiun diberikan kepada pegawai yang berusia lebih dari 60 tahun. Untuk pegawai uang mempunyai masa kerja lebih dari 25 tahun juga mendapat tunjangan tersebut.






Struktur Suatu Bahasa Pemrograman
Struktur Bahasa Program Prosedural
Bagian Deklarasi
  1. Deklarasi Variable
Bahasa Pascal:
var i,i2 : Integer;
s : String;
  1. Deklarasi Konstanta
const phi = 3.14;
Penjelasan:
Konstanta yaitu nilai yang tetap. Jadi jika mengacu pada contoh di atas, maka nilai phi tidak dapat diubah-ubah dan akan selalu 3.14
  1. Deklarasi Tipe Data
type TDataSiswa = ^DataSiswa;
DataSiswa = record
Nama : String[30];
Alamat : String[60];
Telp : String[15];
end;
type hari = (Sen,Sel,Rab,Kam,
Jum,Sab,Mig);
Tipe Data dapat dikelompokkan menjadi:
  1. Tipe Data sederhana
Tipe data sederhana merupakan tipe data yang paling kecil, yang hanya melibatkan satu item data, misalnya tipe data integer, string, real, Boolean, dan sebagainya. Kita dapat juga mendefinisikan sendiri tipe data ini. Tipe data yang didefinisikan sendiri tersebut diistilahkan enumerated data type (pada contoh adalah type hari).
  1. Tipe Data terstruktur
Tipe data terstruktur merupakan tipe data yang terdiri dari beberapa item data. Bentuk dari tipe data ini dapat berupa array (terdiri dari item-item yang memiliki tipe data yang sama) ataupun record (terdiri dari item-item yang boleh memiliki tipe data yang berbeda). Pada contoh di atas, DataSiswa termasuk tipe data terstruktur.
  1. Tipe Data Pointer
Tipe data pointer digunakan untuk menunjuk pada alamat memory suatu data yang lain. Jadi tipe data pointer pada dasarnya tidak menyimpan nilai data secara langsung, melainkan hanya menyimpan alamat dimana data berada. Untuk contoh pada bahasa Pascal, TDataSiswa merupakan tipe data pointer.
Deklarasi Procedure/Function
Contoh Bahasa Pascal:
procedure Cetak (kal: String);
function Tambah (a,b:Integer): Integer;

Perbedaan utama antara prosedur dan fungsi yaitu: prosedur adalah fungsi yang tidak mengembalikan suatu nilai. Sebaliknya fungsi adalah suatu prosedur yang mengembalikan nilai. Apabila mengacu pada contoh di atas, maka fungsi tambah akan mengembalikan suatu nilai yang bertipe integer, sedangkan prosedur Cetak tidak mengembalikan nilai apa-apa.
Bagian Statement
Pada bahasa Pascal, bagian statement selalu diawali dengan reserved word begin dan end. Apabila blok statement adalah blok utama program, maka reserved word end harus diakhiri dengan tanda titik(.), sebaliknya jika blok statement bukan blok utama program maka reserved word end diakhiri dengan tanda titik koma (;).





Definisi dan Struktur Program Dalam Bahasa C


  • Definisi Bahasa C
imagec-292x300

Bahasa C adalah salah satu bahasa pemrograman yang populer di dunia dan mempunyai kemampuan lebih dari bahasa pemrograman yang lain. Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang ditulis dalam bahasa C, atau paling tidak inti utama programnya ditulis dalam bahasa C. Bahkan, Software Development Kit untuk Windows ditulis dalam bahasa C. Bahasa C merupakan bahasa pemrograman yang sifatnya portable, yaitu dengan sedikit atau tanpa perubahan, suatu program yang ditulis dengan bahasa C pada suatu komputer dapat dijalankan pada komputer lain.
  • Struktur Program Dalam Bahasa C
1. Pre Processor
Adalah bagian-bagian kode pada program yang dijalankan pertama kali dan melakukan proses tertentu.
Contoh :
#include
#define
2. Main Function
Adalah fungsi di dalam bahasa C yang pertama kali dijalankan pada waktu program di eksekusi. Program bisa dijalankan jika ada main function. Dalam satu program maximal jumlahnya 1 main function.
Contoh : void main (void)
3. Function
Adalah suatu kumpulan instruksi/perintah/program yang dikelompokkan menjadi satu, letaknya terpisah dari program yang menggunakan fungsi tersebut, memiliki nama tertentu yang unik, dan digunakan untuk mengerjakan suatu tujuan tertentu. Dalam bahasan pemograman lain fungsi dapat disebut sebagai subrutin (basic, VB) atau procedure (pascal,Delphi)
Contoh : void segitiga (void) //ini adalah fungsi untuk membuat segitiga dalam pemograman bahasa C++
  • Keuntungan Fungsi :
1. Dapat melakukan pendekatan top-down dan divide-and-conquer:
2. Top-down: penelusuran program mudah.
3. Divide-and-conquer: program besar dapat dipisah menjadi program-program kecil.
4. Kode program menjadi lebih pendek, mudah dibaca, dan mudah dipahami.
5. Program dapat dikerjakan oleh beberapa orang sehingga program cepat selesai dengan koordinasi yang mudah.
6. Mudah dalam mencari kesalahan-kesalahan karena alur logika jelas dan sederhana Kesalahan dapat dilokalisasi dalam suatu modul tertentu saja.
7. Modifikasi program dapat dilakukan pada suatu modul tertentu saja tanpa mengganggu program keseluruhan
8. Fungsi – fungsi menjadikan program mempunyai struktur yang jelas.
9. Dengan memisahkan langkah – langkah detail ke satu atau lebih fungsi – fungsi, maka fungsi utama (main) akan menjadi lebih pendek, jelas dan mudah dimengerti.
10. Fungsi -fungsi digunakan untuk menghindari penulisan program yang sama yang ditulis secara berulang – ulang. Langkah – langkah tersebut dapat dituliskan sekali saja secara terpisah dalam bentuk fungsi. Selanjutnya bagian program yang membutuhkan langkah – langkah ini tidak perlu selalu menuliskannya, tidak cukup memanggil fungsi tersebut.
11. Mempermudah dokumentasi.
12. Reusability: Suatu fungsi dapat digunakan kembali oleh program atau fungsi lain.
  • Sifat-sifat fungsi :
1. Nilai fan-in tinggi, artinya semakin sering suatu modul dipanggil oleh pengguna semakin tinggi nilai fan-in.
2. Nilai Fan-out rendah, artinya semakin spesifik fungsi suatu modul akan semakin rendah nilai fan-out.
3. Memiliki Self-contained tinggi: artinya kemampuan untuk memenuhi kebutuhannnya sendiri.



    Anda mungkin pernah membuat sebuah halaman Web menggunakan HTML (lihat dan belilah buku Student Guide Series Pemrograman Web dengan HTML, CSS, dan Java Script). Ketika Anda membuat halaman web dengan HTML saja, maka halaman web Anda akan tampak statis. Artinya, isi halaman web Anda akan selalu tetap. Seandainya Anda ingin mengubah tampilannya, Anda harus pula mengubah kode HTML-nya. Halaman Web yang dibuat menggunakan kode HTML saja juga bersifat client-side. Artinya, isi halaman web tersebut diolah di sisi client. Ketika seseorang membuka halaman web, maka server yang menyediakan halaman web tersebut akan langsung mengirimkan halaman web itu kepada si peminta tanpa diolah terlebih dahulu. Hal tersebut berbeda dengan halaman web yang dibuat dengan bantuan PHP. Halaman web yang dibuat dengan bantuan PHP dapat mengakses dan memanfaatkan database sehingga lebih bersifat dinamis. Isi halaman web-nya dapat berubah tanpa perlu diprogram ulang. Selain itu, halaman web -nya akan diolah terlebih dahulu di sisi server sebelum dikirim ke si pemintanya ( server side). Oleh karena sifatnya yang server-side, maka dibutuhkan sebuah web server. Dalam hal ini, web server yang banyak digunakan untuk PHP adalah Apache. Tugas utama Apache adalah menghasilkan halaman web yang benar kepada client peminta, berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web. Jika diperlukan, juga berdasarkan kode PHP yang dituliskan, maka dapat saja suatu database diakses terlebih dahulu (misalnya dalam MySQL) untuk mendukung isi halaman web yang dihasilkan. Apache sudah berkembang sejak versi pertamanya. Kali ini, penulis menggunakan Apache versi 2.0.54. Apache bersifat open source, artinya setiap orang boleh menggunakannya dengan gratis. Bahkan setiap orang juga boleh mengambil dan mengubah kode program Apache. Mengenal PHP PHP adalah singkatan dari PHP: Hypertext Preprocessor. PHP merupakan bahasa pemrograman untuk membuat web yang bersifat server-side scripting. PHP memungkinkan Anda untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis. PHP dapat dijalankan pada berbagai macam sistem oper asi, misalnya Windows, LINUX, dan Mac OS. Selain Apache, PHP juga mendu kung beberapa web server lain , misalnya Microsoft IIS, Caudium, PWS , dan lain-lain. Seperti pernah disinggung sebelumnya bahwa PHP dapat memanfaatkan database untuk menghasilkan halaman web yang dinamis. Sistem manajemen database yang sering digunakan bersama PHP adalah MySQL. Namun, PHP juga mendukung sistem manajemen database Oracle, Microsoft Access , Interbase, dBase, PostgreSQL , dan lain-lain. Hingga kini, PHP sudah berkembang hingga versi 5. PHP 5 mendukung penuh Object-Oriented Programming (OOP), integrasi XML, mendukung semua ekstensi terbaru MySQL, pengembangan web services dengan SOAP dan REST , serta ratusan peningkatan lainnya dibandingkan versi sebelumnya. PHP juga bersifat open source sehingga setiap orang dapat menggunakannya secara gratis. Mengenal MySQL MySQL adalah sebuah sistem manajemen database yang bersifat open source. MySQL adalah pasangan serasi dari PHP. MySQL dibuat dan dikembangkan oleh MySQLAB yang berada di Swedia. MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengelola database beserta isinya. Anda dapat memanfaatkan MySQL untuk menambahkan, mengubah, dan menghapus data yang berada di dalam database. MySQL merupakan sistem manajemen database yang bersif at relasional. Artinya data-data yang dikelola dalam database akan diletakkan pada beberapa tabel yang terpisah sehingga manipulasi data akan menjadi lebih cepat. MySQL dapat digunakan untuk mengelola database mulai dari yang kecil sampai dengan yang sangat besar. MySQL juga dapat menjalankan perintah-perintah Structured Query Language (SQL) untuk mengelola database-database relasional yang ada di dalamnya . Hingga kini, MySQL sudah berkembang hingga versi 5. MySQL 5 sudah mendukung trigger untuk memudahkan pengelolaan tabel dalam database. Mengenal Xampp XAMPP merupakan sebuah tool yang menyediakan beberapa paket perangkat lunak ke dalam satu buah paket. Dengan menginstal XAMPP, Anda tidak perlu lagi melakukan instalasi dan kon figurasi web server Apache, PHP, dan MySQL secara manual. XAMPP akan menginstalasi dan mengonfigurasinya secara otomatis untuk Anda. Dalam buku ini, penulis menggunakan XAMPP versi 1.4.14 yang dapat Anda peroleh (download) dari alamat web: www.arieframadhan.info, atau dapatkan versi terbarunya dari situs aslinya di alamat web: http://www.apachefriends.org/en/xampp -windows.html. XAMPP versi 1.4.14 ini terdiri atas:
  • Apache versi 2.0.54
  • MySQL versi 4.1.12
  • PHP versi 5.0.4
  • PHPMyAdmin 2.6.2-p11, dan lain-lain.
Selanjutnya, Anda cukup menjalankan control panel XAMPP untuk menyalakan web server Apache dan/atau MySQL. Untuk menginstal XAMPP, lakukanlah langkah -langkah berikut: Download file xampp-win32-1.4.14-installer.exe. Jalankan file xampp-win32-1.4.14-installer.exe yang sudah Anda download. Jalankanlah dengan cara melakukan klik ganda pada nama file tersebut dalam Windows Explorer .Ketika muncul jendela seperti di bawah ini, pilihlah bahasa dalam proses instalasi yang ingin Anda gunakan, kemudian klik tombol OK. Ketika muncul jendela, klik tombol Next. Pada jendela instalasi selanjutnya, bacalah persetujuan lisensi XAMPP, kemudian klik tombol I Agree. Kemudian ketika muncul jendela instalasi, isilah kotak isian Destination Folder dengan C:\apachefriends, lalu klik tombol Install. Ketika muncul jendela proses instalasi, tunggulah beberapa saat hingga proses instalasi selesai. Kemudian klik tombol Finish, maka XAMPP telah berhasil Anda instal dalam folder C:\apachefriends.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar